Welcome to eko web blog

Sebuah Optimisme dan Pesimisme

Posted on: Juni 1, 2011

Sering kita mendengar istilah optimis dan pesimisme.  itu merupakan hal yang sangat berkebalikan…

kita tentunya selalu menginginkan bentuk suatu keoptimisan dalam segala hal entah itu keluarga, karir, jodoh, harapan, atau doa yang selalu kita panjatkan kepada yang maha kuasa setiap kali kita melaksanakan ibadah.

optimis merupakan kepercayaan yang datang dalam diri kita atau hati kita karena adanya faktor external yang mendorong fikiran kita untuk merefleksikan semua kegiatan kita agar selalu semangat dan berpositif thinking. tentunya faktor external itu merupakan hal yang sangat dekat dalam pribadi kita. entah itu abstrak atau nyata.

paling banyak yang kita jadikan keoptimisan adalah suatu harapan yang selalu kita damba-dambakan dan kita cita-citakan bahwa harapaan itu akan terwujud, sambil kita bertanya kapan? dimana? bagaimana caranya? berapa lagi waktunya? mampukah saya kira-kira? bisakah saya mengubah sifatnya? bertahankah saya dg sifatnya? kapan saya bisa berubah? kondisi saya? keluarga saya bagaimana?

semua pertanyaan itu jika kita optimis maka jawabannya adalah, insya Allah aku akan bisa. bisa menyelesaikannya, bisa mengimbanginya, bisa menjalaninya, bisa berubah sesuai keinginannya, bisa menyesuaikan, akan mengalah, akan selalu sabar, akan selalu baik, insya allah dengan kesabaran yang aku miliki semuanya akan baik.

kata terakhir adalah sabar.  sabar adalah suatu bentuk keihklasan hati kita menerima suatu kenegatifan yang biasanya bertentangan dengan nurani dan hati kita. disertai dengan harapan suatu saat dengan kesabaran ini akan muncul hidayah yang berkilauan sehingga suatu saat nanti kita yakin dengan sabar dia akan bisa berubah dan menjadi apa yang kita inginkan.  sampai saat ini masih bertanya dalam hati saya, apakah kita bisa merubah karakter seseorang dengan Sabar? sebagai bentuk keoptimisan tentu kita akan menjalaninya walaupun itu terasa berat. apalagi jika yang melandasi itu adalah cinta. karena ikatan cinta adalah cinta adalah anugrah yang diberikan oleh yang maha kuasa.

memang tidak ada yang sempurna didunia ini. sangat mustahil kita mendapatkan kesempurnaan. suatu lingkaran sempurna saja yang kita lihat begitu indah melengkung dan hampir tiada bersudut itu ternyata kalau kita perhatikan dari bagian terkecilnya adalah  bentuk dari jutaan sudut yang kecil kecil menyatu dan menjadi suatu lingkaran yang sangat sempurna.  artinya kalau kita memandang suatu hal dari satu sudut saja, maka kita akan dalam fikiran kita akan tertanam bentuk dari sudut yang tentunya tidak enak dilihat. tetapi jika kita lihat dari keseluruhan dari ketidaksempurnaan itu. insya allah kita akan melihat suatu yang indah dan menyejukkan hati.

seperti kita melihat pelangi, kalau kita lihat bagian kecilnya, tentu tidak nampak indahnya, hanya satu warna, monoton, kaku dan tidak ada menarik menariknya. tetapi jika kita melihat keseluruhan bentuknya dari atas hingga kebawah dari kiri dan kanan maka akan terbentuk suatu pola yang indah berkhiaskan warna warni yang sungguh indah. masya allah.

kembali lagi ke bentuk suatu optimis. tariklah nafas dalam dalam. ingatlah hal hal yang baik. fokuskan fikiran pada hal yang positif. karena tidak ada yang sempurna didunia ini.  insya allah dengan kesabaran suatu saat harapanmu akan tercapai.

tenangkan hati, jika mendengar kata-kata yang kurang anda senangi maka istigfarlah dan berusaha sabar, ingatkanlah dia dengan kata-kata yang bijak. dan jangan balas kata-kata tersebut dengan kata-kata kasar. karena jika dibalas dengan kata-kata kasar artinya anda tidak berbeda dengan dia.

perkataan yang baik muncul dari hati yang baik. tutur kata yang indah dan lembut muncul dari hati yang lunak dan sejuk.

setiap individu mempunyai karakter yang berbeda. bersabar dan optimislah. karena suatu perubahan tidak datang sekejap dan tiba-tiba. tetapi perubahan akan datang perlahan dan nantinya harapan suatu saat akan menjawab bentuk dari keoptimisan anda.

sifat, perkataan, tingkah laku, kedewasaan, pemifikan tidak akan berubah jika anda tidak menanmkan bentuk keoptimisan untuk berubah kepada hati dan jiwa anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: