Welcome to eko web blog

Bagaimana terhubung dengan SEA EduNet ?

Posted on: Desember 31, 2009

Anda ingin memperoleh materi Buku Sekolah Elektronik (BSE) namun tidak memiliki koneksi internet ? Hendak mendownload materi tersebut tapi koneksi amat lambat ?

Anda ingin memperoleh video-video pembelajaran terbaru tapi jauh dari perkotaan dan tidak tersedia jaringan apapun ?

Anda ingin mengikuti training online secara jarak jauh yang dilaksanakan oleh SEAMOLEC ?

Anda ingin mengikuti pembelajaran atau kuliah jarak jauh yang disampaikan oleh guru/dosen terbaik secara real time ?

Solusinya adalah dengan terhubung dengan SEA EduNet.

Dan itu semua dapat diperoleh TANPA BIAYA BULANAN/Berlangganan, cukup dengan menyiapkan perangkat-perangkat yang sederhana dan mudah di dapat dan yang paling penting tidak membutuhkan koneksi internet apapun.

Pada tulisan sebelumnya, sudah saya paparkan secara mendalam mengenai pengertian dan manfaat dari SEA EduNet. Pada tulisan ini akan saya paparkan peralatan yang dibutuhkan agar dapat terhubung dan menikmati layanan-layanan dari SEA EduNet.

Secara umum, ada 4 perangkat utama yang dibutuhkan agar dapat terhubung ke SEA EduNet, perangkat tersebut adalah:

  1. Antena Parabola
  2. Modem Satelit DVB-S Digi.Box
  3. Pesawat Televisi
  4. PC Server

Antena Parabola

Parabola yang digunakan untuk sistem ini menggunakan antena parabola standar yang sering digunakan di perumahan. Berukuran 6 feet minimal, solid dan dilengkapi dengan LNB dan kabel coaxial.

Setelah memiliki antena parabola, pastikan antena tersebut telah terpointing ke Satelit Telkom 1 dan bisa menerima siaran TV Edukasi maupun Trans TV. Apabila sudah berhasil menerima siaran tersebut, maka koneksi ke layanan SEA EduNet akan jauh lebih mudah.

Modem Satelit

Modem satelit yang digunakan untuk terhubung dengan SEA EduNet adalah DVB-S merk Digi.Box. Merk ini sudah didesain khusus agar berfungsi dengan frekwensi dan symbol rate khusus untuk SEA EduNet.

Digi.Box

Modem ini juga sudah melalui pengecekan kualitas (Quality Control) dari tim teknis SEAMOLEC termasuk pengecekan penerimaan data. Modem ini dapat diperoleh langsung di SEAMOLEC atau di Pendamping SEAMOLEC di masing-masing propinsi. Daftar pendamping bisa dilihat pada akhir postingan ini.

Harga resmi perangkat adalah US$ 275 (Dua Ratus Tujuh Puluh Lima Dollar Amerika) yang kalau di kurs menggunakan Rate US$ 1 = Rp. 10.000 sebesar Rp. 2,75 Juta (Dua Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Harga ini sudah termasuk PPn 10% dan belum termasuk biaya pengiriman ke lokasi.

PC Server

Satu hal yang membedakan sistem ini dibandingkan sistem TV Satelit biasa adalah kemampuan untuk menerima data. Oleh sebab itu, dibutuhkan server yang berfungsi sebagai File Server dan Web Server untuk menampung data yang dikirimkan oleh SEAMOLEC.

Untuk sistem ini, tidak dibutuhkan komputer server yang Middle End ataupun yang High End. Komputer personal (PC) yang standar juga sudah mencukupi, asalkan memiliki spesifikasi minimal:

  1. Processor minimal setara dengan Intel Pentium 4
  2. Memori minimal 512 Kb
  3. Hard Disk Drive minimal 250 Gb (lebih besar lebih baik, karena akan menjadi File Server)
  4. Ethernet card minimal 10/100 (minimal 2 unit, kalau bisa 3 unit)

PC Server ini tidak perlu diinstall apapun, karena sistem operasi dan aplikasi akan disiapkan oleh tim pendamping SEAMOLEC. OS yang digunakan adalah Linux.

tq pak khalid http://khalidmustafa.info/?p=720#more-720

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: